Wednesday, August 23, 2006

Muka manis dan akhlaq yg baik

BY: M. Tasar Karimuddin


Rasulullah S A W bersabda: Sesungguhnya kamu tidak akan dapat meratai
Manusia dengan hartamu, tetapi hendaklah
Diantara kamu ada yang meratai mereka dengan
Muka manis dan akhlaq yang baik.
( H. R. Al- Bazar )

memanglah logis sekaya apapun seseorang didunia ini tidak sanggup membantu manusia diseluruh belahan dunia, harta yang kita miliki sangatlah minim dan masih bisa terjangkau dikalangan manusia. Maka dari itu Rasul berpesan kepada kita untuk bermuka manis ( tersenyum ) dan berakhlaq baik dalam pergaulan sehari- hari.



Pesan diatas sangatlah berguna dan mudah pula dalam mengamalkannya, tersenyum kepada setiap orang yang kita jumpai merupakan sedekah ataupun harta yang bermakna universal. Senyuman yang kita anggap amalan yang cuil, rupanya memiliki makna yang besar, Apalagi bila senyuman yang kita lontarkan tersalur dari hati yang ikhlas seperti senyumnya Rasulullah.

Rasulullah tersenyum bukan hanya pada sahabat karib belaka, akan tetapi beliau juga tersenyum tulus bila berhadapan dengan musuh jua. Senyuman yang ikhlas adalah senjata yang tajam dan paling berharga dari harta, cobalah kita bercermin dengan muka yang tampa dihiasi dengan senyuman, hasilnya akan kita ketahui dan buruk pula dalam istilah pergaulan sekarang ini.

Marilah kita sebarkan budaya senyum dikalangan kita, agar dunia juga tersenyum tenang tampa perang. Senyum tatkala disakiti merupakan hal yang dicintai Rasul, tapi bila tersenyum diatas penderitaan orang lain, maka murkanya akan menyertaimu, na’u zubillahi min zalik,, semoga kita tergolong orang yang murah senyum???
Amin… ya Rabbal ‘alamin!!!!!


No comments:

Post a Comment