Sunday, September 30, 2007

Komparatip Agama

By: Dr. Zakir Naik

Islam

Islam adalah agama semitic, dimana memiliki seribu juta lebih pengikut didunia. Arti islam adalah kepatuhan kepada perintah Allah atau kesejahteraan atau keselamatan. Muslim menerima Qur’an sebagai perkataan Allah yang diwahyukan kepada Nabi atau utusan terakhir yang bernama; Muhammad ( PBUH ). Islam menyatakan bahwa Allah mengutus Nabi- Nabi dan rasul sepanjang masa sebagai penyampai pesan dari Allah, dan akan dipertanggung jawabkan dialam baka nantinya. Islam juga beriman dan mempercayai Nabi- Nabi dan rasul yang terdahulu, yang mana dimulai dari Nabi Adam, berkesinambungan kepada Nabi Nuh, Ibrahim, Ismail, Ilyas, Yakob, Musa, Daud, yusuf, Isa dan seterusnya.

Kristen

Kristen adalah agama semitic, dimana dinyatakan akhir- akhir ini memiliki 1.2 milyar pengikut didunia. Agama Kristen mengambil nama dari kata Isa Al- masih atau Kristus ( PBUH ). Kitab suci injil merupakan kitab suci pengikut kristen:


a) Kitab injil terbagi dalam dua bagian, perjanjian lama dan perjanjian baru. Perjanjian lama adalah kitab sucinya kaum Yahudi dan berisi semua catatan Nabi- Nabi bangsa Yahudi yang datang sebelum Nabi Isa ( PBUH ). Sedangkan dalam perjanjian baru berisi semua catatan kehidupan Nabi Isa ( PBUH ).



b) Kitab injil jika dikumpulkan secara lengkap, baik dari perjanjian lama dan Perjanjian baru, berisi atau menjadi 73 buku. Tetapi, kitab injil protestant yang merupakan versi dari King James, hanya berisi 66 buku, dimana mereka menganggap 7 buku dari perjanjian tersebut memuat kebenaran yang sangat diragukan, bahkan sangat diragukan bila ditinjau dari segi kekuasaannya.

Oleh karena itu, perjanjian lama dari katolik, berisi 46 buku dan protestant hanya berisi 39 buku. Tetapi, perjanjian lama dari kedua golongan berisi 27 buku saja.

Judaisme

Judaisme merupakan satu agama yang sangat penting. Para pengikutnya adalah bangsa Yahudi dan mereka percaya akan misi Nabi Musa ( PBUH ).


Hindu

Penganut Agama- agama Aryan yang sangat dikenal adalah Hinduisme. Kata Hindu aslinya berasal dari kata Persia yang penduduknya menempati daerah diluar lembah Indus. Bagaimanapun, menurut pengertian bahasa secara umum, Hindu merupakan sebuah istilah yang melapisi bermacam- macam kepercayaan beragama, dimana mereka berpegang kepada Vedas, Upanishads dan Bhagavad Gita.


Buddha
Gautama Buddha adalah pendiri agama Buddha. Nama aslinya adalah Siddharth ( artinya orang yang ulung atau bijaksan ). Dia juga dipanggil dengan Sakyamuni, yang bisa dikatakan sebagai guru atau orang yang bijaksana didalam suku- bangsa sakya. Gautama lahir ditahun 563 B. C ( sebelum nabi Isa ) didesa Lumbini, berdekatan dengan kampung Kapila Vastu, yang merupakan perbatasan Nepal.

Menurut legenda atau dongeng, seorang ahli nujum berkata kepada raja ( Ayah Gautama ), bahwa anaknya ( Gautama ) yang akan menjadi raja, akan melepaskan takhta dan kemewahan, dimana semuanya ditinggalkan dari 4 peristiwa yang ia lihat: 1.orang tua renta. 2. orang sakit. 3. orang yang berpenyakit. 4. orang mati. Mengetahui hal ini sang Ayah ( raja ), memberikan tempat yang sangat special untuk anaknya/ gautama, dimana diperlengkap dengan semua kebutuhan atau kesenangan duniawi. Gautama menikahi Yasoddhra diusianya yang ke16.

Diusia yang ke29 setelah kelahiran anaknya yang pertama, suatu hari Gautama melihat ke4 peristiwa tersebut. Pengaruh yang sangat kuat dari peristiwa tersebut, membuatnya meninggalkan hal yang bersifat dunia. pada suatu malam ia minggat dari istana, meninggalkan anak dan isteri dan menjadi pengembara yang tak beruang sedikitpun.

Pada permulaannya Gautama mempelajari dan mempraktekkan disiplin Hindu dengan tekun, setelah itu menuju Jainisme. Bertahun- tahun ia menjalankan puasa dengan teliti, disertai dengan kebekuan pembuluh yang luar biasa. Lalu dengan kesadaran bahwa dengan menyiksa tubuh tidak akan membawanya kepada kearifan yang mutlak, Gautama kembali menjalani hidupnya secara normal dan meninggalkan pertapaan.

Diusia yang ke 35, suatu malam tatkala ia duduk dibawah pohon ara raksasa ( Pohon Bodh ), dia menemukan solusi untuk menyelesaikan masalahnya dan merasakan bahwa ia telah mencapai penerangan. Dari hal ini ia dikenal sebagai Gautama ‘’ Buddha’’ atau ‘’ seorang yang bijaksana’’.

Setelah itu, dia menghabiskan 45 dari usianya dengan mengajar kebenaran sebagaimana yang telah ditemukan dan dialaminya. Dia menempuh satu kota ke kota lainya dengan berjalan kaki, tampa bekal apapun melainkan pakaian jubah berwarna kunyit, tongkat dan mangkuk. Gautama meninggal diumur 80 pada tahun 483 Sebelum Nabi Isa.

Buddha terbagi dalam dua golongan yaitu, Hinayana dan Mahayana


Sikhism

Sikhism adalah agama yang Non- semitik, Aryan, dan Non- Vedic. Sikhism adalah agama yang memiliki pengikut besar dan menduduki posisi ke 6 didunia. Seseorang menganggap bahwa Sikhism adalah bagian atau cabang atau pecahan dari Hindu. Sikhism didirikan oleh Guru Nanak diakhir abad 15. Sikhism berasal dari daerah Pakistan dan barat laut India, yang dikenal sebagai Punjab. Guru Nanak lahir dari keluarga Hindu Kshatriya ( kasta pejuang ), akan tetapi sangat dipengaruhi oleh Islam dan Muslim.


Zoroastrianism

Zoroastrianism adalah agama Aryan purbakala, yang berasal dari Persia sekitar 2500 tahun silam. Meskipun secara relatip memiliki pengikut kurang lebih seratus atau tiga puluh ribu didunia, namun Sikhism merupakan salah satu agama yang tertua. Zoroaster adalah pendiri agama ini, yang secara umum dikenal sebagai Parsi-ism. Zoroastrianism juga dikenal sebagai agama penyembah api dan Magianism.

Kitab parsi terdiri dari Dasatir dan Vesta atau Zend- Avesta. Dasatir lebih jauh lagi terbagi dalam dua bagian: Khurda Dasatir dan Kalan Dasatir.

Avesta selanjutnya terbagi dalam Khurda Avesta dan Kalan Avesta, yang juga dikenal sebagai Zend atau Maha- Zend.

Kitab agama Parsis ditemukan dalam dua bahasa: Bahasa Pahlawi ( tulisan Pahlawi yang menyerupai dengan tulisan Persia sekarang ) dan bahasa Zendi. Disamping kedua tulisan ini, ditemukan juga beberapa tulisan kesusasteraan yang tertulis dengan tulisan- tulisan kuno berbentuk baji.

Beberapa Parsis menganggap Zend Avesta lebih asli dari pada Dasatir, sebaliknya ada juga yang menganggap bahwa Dasatirlah yang asli.

Zend Avesta terbagi dalam tiga bagian:
1. bagian yang mengandung Vendid
2. bagian yang memuat Sirozahs, Yashts dan Nyays
3. bagian yang berisikan Gathas, Yasha, Visparad, Afrinagan Gahs dan bermacam- macam.

DASATIR:
Arti Dasatir adalah buku sepuluh bagian. Das artinya sepuluh dan Tir adalah bagian. Dasatir adalah bentuk jamak dari Dastur, dimana berartikan Hukum atau Kode Agama.




No comments:

Post a Comment