Monday, November 20, 2006

Sedekah

BY: M. Tasar Karimuddin

Rasulullah s. a. w bersabda:
Barang siapa yang menanam suatu tanaman, kemudian ada burung atau siapapun yang mencari rezeki, yang makan dari tanaman itu, maka bagi penanam tersebut adalah sebagai sedekah.’’Diriwayatkan oleh Imam Ahmad dari Ibnu Khuzaimah.’

Hadits diatas kita dapat memahami bahwa setiap tanaman yang kita tanam kemudian bila saja Makhluk didunia ini memakannya, maka sedekahkanlah tanaman tersebut. Karna setiap tanaman tersebut akan berdo’a untuk kita pada Allah S. W. T.

Sedekah satu kata yang mudah dan akrab ditelinga kita muslim, tapi untuk melakukan hal tersebut bukanlah mudah. Manusia umumnya telah terpesona dengan harta, kilauan dunia hingga lupa dan sulit untuk bersedekah.

Kadangkala manusia takut mengeluarkan secuil uang saku, dimana ia merasa uang recehan tersebut akan dibutuhkan nantinya. Sifat seperti ini perlu kita lawan
disetiap diri kita, perlu kita ketahui bahwa sekecil apapun sedekah kita, maka Allah akan membalasnya lebih dari apa yang kita sedekahkan.

Bila kita hendak mensedekahkan sesuatu, maka sedekahkanlah dengan niat karna Allah, namun bila saja hati kita berat untuk mensedekahkan sesuatu, maka keimanan anda terhadap Allah telah berkurang.

Mengapa kita harus takut dengan bersedekah akan mengurangi harta milik kita, dan mengapa harus gundah akan hal tersebut. Kita perlu memikirkan bahwa lahirnya kita kedunia ini tampa memiliki harta apapun, namun pantaskah kita berbangga dan berlaku sombong dengan harta yang kita miliki.

Segala yang kita miliki didunia ini, baik harta, kesenangan dan lain sebagainya merupakan titipan yang diberikan oleh Allah kepada kita. Bahkan kehidupan kita pun merupakan amanat dari Allah sesuai dengan perjanjian yang telah kita setujui didunia rahim ibu, Pantaskah kita ragu akan janjiNYA???

Saya optimis bila saja kita muslim ringan tangan dalam hal tolong- menolong dan ringan dalam segala hal, maka tidak akan ada didunia ini pengemis atau anak jalanan yang terlantar. Namun musibah telah menimpa ummat islam dimana hal tolong menolong merupakan hal yang terbelakang, Alhasil lihatlah kondisi ummat islam dewasa ini.
Maka dari itu marilah kita meringankan tangan dan tubuh bahu- membahu untuk meraih kesejahteraan yang tiada kita dapati didunia ini. Ingatlah bahwa Baginda Rasululullah s. a. w seorang tokoh yang sangat senang bersedekah, mudah- mudahan kita memiliki sifat tersebut dan kelak bisa bersama Beliau. Amin.


No comments:

Post a Comment