Tuesday, November 21, 2006

Akhlakul Karimah

By: M. Tasar Karimuddin

Pada suatu hari ketika Sayidah ‘Aisyah R.’ Anha ditanya:
‘’ Bagaimanakah budi pekerti Nabi Muhammad S. A. W. ‘’
Beliau Menjawab:
Budi pekerti beliau s. a. w. itu adalah persis seperti AL- Qur’an.
( diriwayatkan oleh Imam- Imam Muslim, Abu Dawud dan lain- lain dan merupakan hadith shahih dari ‘Aisyah ).



Dari Hadith diatas dapat kita cerna bahwa akhlak Rasulullah adalah Al- Qur’an, bisa kita simpulkan bahwa Nabi Muhammad adalah Al- Qur’an yang berjalan. Setiap tindak- tinduk sehari- hari beliau berjalan seperti termaktub dalam kitab suci.

Pergaulan, sikap, cara berbicara, canda dan lainnya semuanya terarah layaknya perintah sang Khaliq, dari sini kita bisa mengetahui bahwa setiap kehidupan Baginda Rasul diiringi oleh ayat suci dan bakti Beliau terhadap Allah.

Namun, sayangnya ummat islam sekarang ini telah melupakan hal tersebut, semua tingkah- laku kita telah teracuni dengan kebudayaan yang jelas merusak moral. Bila kita mau dan ingin meraih kesenangan hidup ini, maka ikutilah porsi Rasulullah dalam melalui hari demi hari.

Jika Kalamullah kita jadikan pedoman hidup kita dalam segala bidang, insya Allah kita akan meraih segala kesenangan yang tiada terkira. Kita tau bagaimana Rasulullah sederhana dimasa kehidupannya, dimana hal ini tidak bertanda bahwa beliau miskin, akan tetapi kaya dengan dunia yang mencintainya dan dirindukan oleh syurga.

Marilah kita kaji ulang dan merenungi segala kebiasaan islam pada masa Beliau, dan mari kita jadikan sebagai tombak hidup dalam diri kita, Semoga Allah melindungi kita semua. Amin.

No comments:

Post a Comment