Saturday, August 19, 2006

Islam yang kaffah

BY : M. Tasar Karimuddin


Allah S. W. T berfirman:
Artinya: Wahai orang- orang yang beriman, masuklah kamu semua dalam islam secara keseluruhan/ kaffah. janganlah kamu semua mengikuti langkah- langkah syetan sebab sesungguhnya syetan itu adalah musuh yang jelas bagimu semua.
( Surat- Albaqarah, 208 )

Ayat diatas mengingatkan kita untuk berhati- hati dalam hidup ini, walaupun kita sudah islam semenjak lahir, belum tentu kita tau secara keseluruhan tentang agama islam. Seorang muslim yang beriman sudah tentu tau dan mau untuk mempelajari hukum- hukum islam secara kaffah, tapi sayangnya muslim sekarang hanyalah islam bawaan.



Islam sekarang ini menjadi penyelidikan dikalangan para non muslim, dimana mereka mencari kelemahan seorang muslim tatkala ditemukan, maka mulailah ia measukkan ideologi agamanya. Maka janganlah heran jika kebanyakan ummat islam berpindah arus pedoman hidup, ini disebabkan kurangnya pengetahuan ilmu agama yang ia miliki.

Masalah yag lebih menrik lagi, adanya para cendekiawan muslim yang menyalah gunakan hukum rabbi dan hadits nabi. Mereka menggunakan hukum sesuai dengan pemikirannya sendiri tampa dalil yang kuat, bahkan menolak pendapat yang lain. Ada juga yang menggunkan hukum tersebut sebagai pelampiasan nafsunya, maka jangan heran jika yang halal menjadi haram, sedangkan haram berubah halal.

Untuk mencegah hal ini tidak terus berlanjut, perlunya kita menanamkan pada tiap generasi islam ilmu pengetahuan agama yang kuat. Jadikan generasi islam sebagai generasi yang kaffah dalam agama, tapi juga maju dalam hal dunia.

Allahu 'alam

No comments:

Post a Comment