Thursday, August 31, 2006

Taubat

BY: M. Tasar Karimuddin

Baginda Rasulullah S A W bersabda:
Wahai manusia, bertaubatlah kepada Allah, sesungguhnya aku
Bertaubat dalam sehari sebanyak seratus kali.
( H. R. Muslim )

Taubat adalah satu kata yang sering kita dengar, para penda’i kondang dari berbagai Negara dan bahasa selalu berkoar- koar mengingatkan kita akan hal ini. Tapi sayangnya nasehat itu berlalu layaknya hembusan angin menyapa alam, kesadaran yang bersifat sementara selalu menyertai kita dalam memahami taubat.

Taubat dari dosa ataupun taubat dari segala kekhilafan yang ada merupakan hal yang tak asing, akan tetapi konsisten dalam berdiri diposisi taubat tersebut bukan hal yang mudah. Taubat yang sering kita lakukan bersifat butuh, terjepit, menderita dan sebagainya, namun bila hasrat telah terpenuhi rasa taubat terabaikan.

Taubat juga bisa diartikan sebagai mengingat, bisa juga diartikan meninggalkan hal yang buruk meniti kepada kebaikan. Meniggalkan semua kemungkaran tampa sedikitpun berusaha menoleh padanya, dimana taubat yang seperti inilah yang di inginkan Allah.

Rasulullah dalam sehari bertaubat sebanyak seratus kali, dan kononnya hal ini dikuatkan dengan ceritanya para sahabat. Dimanapun Rasul berada tidaklah pernah luput ucapannya selain memuji Allah S. W. T. Katakan saja kita belum mampu bertaubat seperti beliau, namun sangatlah elok jika kita selalu menunaikan shalat Sehari- semalam lima waktu. Dengan ibadah wajib tersebut sedikit demi sedikit akan menuntun kita kejalan yang benar, jika yang lima masih ajak- ajakan bagaimana menuju yang seratus kali.

Ingatlah islam itu tidak mempersulit akan tetapi mempermudah!!!!!


No comments:

Post a Comment