Saturday, September 16, 2006

Anak Yatim

By: M. Tasar Karimuddin


Rasulullah S A W bersabda: Saya dan orang yang menanggung ( memelihara ) anak yatim.
Ada disorga bagaikan ini, seraya beliau memberi isyarat
dengan jari telunjuk dan jari tengah dan beliau
merentangkan kedua jarinya itu.
( HR. Bukhari )

Hadits diatas sangat mudah untuk kita pahami bersama, Rasulullah mengatakan kepada kita jaminan bagi orang- orang yang memelihara anak yatim. Pesan beliau diatas laksana menyuruh kita ummat islam untuk menjaga anak yatim, akan tetapi hal ini telah kita kesampingkan. Banyak dari kita yang mengacuhkan anak yatim, buktinya asrama yatim piatu banyak yang terabaikan.

coba saja kita pikirkan secara jernih akan pesan beliau, jika kita mau untuk memelihara anak yatim perindividu satu atau dua yatim maka kata- kata pengemis tidak akan lahir didunia ini. Coba saja liat disekitar kita berapa banyak anak- anak yang menjadi peminta, dan pernahkah kita berpikir untuk memungutnya.

Ummat Islam dewasa ini terlalu mengedepankan hartanya, sehigga mereka berpikir jika memelihara satu yatim akan mengurangi kekayaanya. Padahal Allah akan menambah dan akan membuka reseki yang lebih luas kepadanya, perhatikan saja kehidupan orang- orang yang memelihara anak yatim.

Dengan pesan beliau diatas marilah kita membenah diri untuk menjaga dan mendidik anak yatim, karna dengan adanya kepedulian kita terhadap mereka akan membuat kita semakin taqwa dan mengerti apa yang diderita oleh seorang anak yang hidup tampa orang tuanya. Jika kita telah memiliki momongan dan kondisi ekonomi masih memungkinkan untuk mengadopsi anak, maka lakukanlah karna dengan ini kita akan melepaskan beban yang ditanggung oleh dunia.

Semoga Allah memberkahi kita, Amin.....


No comments:

Post a Comment